Bingung Dengan Kata-kata Bahasa Aceh

Seperti yang kita ketahui di indonesia banyak suka bangsa, salah satunya adalah Aceh, Aceh salah satu yang dikenal dengan bahasanya yang unik, saya adalah orang Aceh dan kehidupan saya seperti orang di Aceh biasanya yaitu berbahasa Aceh dalam sehari-hari, yaitu berbicara dengan teman-teman, berkenalan, tanyak harga barang dipasar dan lain-lain, kecuali saya sedang dalam ruang kuliah atau dulu saya di sekolah ataupun saya lagi ngeblog baru saya berbahasa indonesia. Kali ini saya akan tulis sesuatu yang unik dalam bahasa aceh, ooya kalau anda tidak bisa bahasa Aceh mungkin anda tidak mengerti postingan saya kali.

Ide postingan ini saya dapatkan waktu saya lagi nongkrong dengan teman-teman disalah satu warung kopi tempat saya biasa nongkrong, ini adalah sesuatu yang unik yang saya dapatkan hari ini, mereka menanyakan salah satu arti dari kata-kata dalam bahasa Aceh yaitu Eek U Ateh Troen U Yup Tuebit U Luwa, yang ditanyakan  adalah Tuebit U Luwa artinya apa,?  kalau kita artikan dengan bahasa indonesia yang lengkap adalah Naik Keatas Turun Kebawah Keluar, tapi bila diartika begitu rasanya kurang lengkap karena disitu kita dapatkan Tuebit U luwa, kalau kita artikan menurut kata-katanya adalah Naik Keatas Turun Kebawah Keluar keluar, mungkin saya kurang paham arti kata dalam kamus bahasa Indonesia - Aceh makanya ada posting semacam ini yang saya tulis.. :D ataupun mungkin memang begitu seharusnya.

Mungkin dari anda ada pejelasan yang lebih atau anda pandai berbahasa, cobalah anda jelaskan untuk saya dan teman saya bila anda paham dari maksud saya itu.

Inilah tulisan singkat dari saya yang membigungkan saya mungkin bagi anda ini adalah salah dan yang sebenarnya begini.

Inilah postinga saya kali ini, bila banyak kekurangan dan kesilapan  mohon maaf karena saya adala orang yang baru belajar menulis diblog. Wassalam





Bingung Dengan Kata-kata Bahasa Aceh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tamiko

No comments:

Post a Comment