Pemasok Komponen Perangkat Apple Membelot ke Google


Persaingan antara Apple dan Google diam-diam terus bergulir. Meski tidak 'sepanas' persaingan melawan Samsung, namun yang satu ini tampaknya akan membuat pihak Apple naik pitam.

Dikutip dari laman Wall Street Journal, Senin (26/8/2013), salah satu pemasok komponen bagi jajaran produk Apple, Hon Hai Precision Industry Co, dilaporkan telah resmi menjual paten teknologi layar mereka kepada Google. Teknologi layar milik Hon Hai yang bernama 'Head Mounted Technology' dipercaya sangat dibutuhkan Google bagi pengembangan proyek kacamata pintar Google Glass.

Paten teknologi layar yang kini telah resmi menjadi milik Google tersebut mencakup bagaimana cara sebuah display layar menampilkan gambar virtual dalam dunia nyata. Teknologi itu sangat mirip dan sesuai dengan konsep kerja kacamata pintar Google yang mengedepankan keunggulan teknologi 'Augmented Reality'.

Hon Hai sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari rasakasa manufaktur asal Taiwan, Foxconn, yang sudah sejak lama menjadi pemasok utama komponen-komponen perangkat besutan Apple. Namun sayang, beberapa waktu belakangan hubungan keduanya menjadi kurang harmonis sejak Apple menunjuk pesaing Foxconn, Pegatron, sebagai rekanan dalam menggarap generasi penerus iPhone.

Sebagai informasi, Hon Hai diketahui mengantongi sejumlah paten terkait teknologi display layar. Tindakan 'mengkhianati' Apple yang dilakukan Hon Hai diperkirakan sebagai penegas keretakan hubungan antara Apple dan Foxconn.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi baik dari pihak Google maupun Hon Hai. Belum terungkap pula berapa biaya yang harus dikeluarkan Google untuk meminang hak paten tersebut.

Pemasok Komponen Perangkat Apple Membelot ke Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tamiko

No comments:

Post a Comment