Jenis jenis Server dan Penjelasannya

Jenis jenis Server dan Penjelasannya - Kita berinternet dalam kehidupan sehari-hari, tentunya dalam hal ini server lah yang menyediakan layanan untuk berbagai macam aktifitas kita di internet. Penjelasan tentang Server : Adalah suatu sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu pada sebuah jaringan komputer, Server didukung dengan prosesor dan RAM yang tinggi, dan juga ini di didukung oleh suatu sistem operasi tertentu atau khusus yang sering di sebut dengan sistem operasi jaringan. Server menjalankan perangkat lunak administratif dan juga mengontrol akses sumber daya yang ada di dalamnya. 
Jenis jenis Server dan Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa Jenis jenis Server dan Penjelasannya

  • SSH Server {Secure Shen}
Ini meruapakan suatu Apalikasi server yang digunakan sebagai untuk meremot server / eksekusi program.
  • DNS {Domain Name Server}
Ini merupakan Aplikasi service di jaringan internet yang menterjemahkan pada sebuah domain / name ke IP address dari FQDN (Fany Qualified Domain Name) atau lebih tepatnya penamaan domain.
  • WEB Server
Perangkat lunak yang digunakan untuk menerima permintaan suatu HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dari client, dan di kenal dengan Web Browser dalam bentuk dokumen web atau html.
  • DHCP Server {Dynamic Host Configuration Protocol}
Protocol yang berbasis arsitektur client dan server yang digunakan sebagai untuk memudahkan pengalokasian suatau IP address kedalam suatu jaringan.
  • FTP Server
Untuk membagikan suatu file pada suatu jaringan server dan client yang support TCP/IP,Fungsi FTP server yakni sharing data, dan juga menyediakan layanan mdirect atau implicit remote PC, dan juga dapat menyediakan tempat bagi user, dapat juga menyediakan transfer data reliable dan efisien.
  • Proxy Server
Ini merupakan teknik akses jaringan bersama-sama dalam jaringan atau dalam banyak komputer pada jaringan LAN (Local Area Network) dengan menggunakan modem atau saluran komunikasi lainya.Fungsi dari proxy server adalah sebagai untuk menyimpan suatu file atau halam web dan security atau blocking pada situs-situs tertentu.
  • Mail Server
Ini merupakan suatu perangkat lunak program yang digunakan untuk mendistribusikan file dan informasi untuk respons atau permintaan yang dikirim via email, dan juga pada suatu bitnet untuk Digunakan seperti FTP  atau File Transfer Protocol.
  • Samba Server
Digunakan pada suatu sistem operasi yang berbeda ini digunakan untuk transfer data.

Jenis jenis Server dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tamiko

No comments:

Post a Comment