Bermain Meriam Bambu

Meriam bambu adalah salah satu perminan tradisional indonesia yang dimainkan pada waktu bulan puasa sambil nunggu berbuka puasa dan juga pada saat lebaran atau pada hari raya, permainan ini tidak terlalu berbahaya karena bahan ledakannya adalah karbit yang di diamkan dalam bambu dengan air dan di bakar dooorrr. 

Meriam bambu dimainkan jauh dari rumah biasanya, kadang juga anak-anak yang nakal ada yang membakarnya dekat rumah dan membuat orang terkejut, suara yang keras bagaikan suara meriam asli, kalau kejadiannya begini biasanya pasti keluar orang rumah tersebut dan dimarahin anak-anak tersebut dan meriampun di buang.. hehehe

Meriam bambu siapa penemunya saya tidak tahu pasti itu, daerah mana pertama kali di mainkan saya pun tak tahu itu, kalau memang anda penasaran googling aja mungkin dapat..

Ini biasanya dimainkan oleh anak-anak desa, mereka bersusah paya mencari bambu dalam hutan dan membuat nya dengan sabar, menarik uga loe permainan yang satu ini. Berhubung saya anak desa juga makanya menulis ini.

Saya sering ke kota karena jaraknya tidak terlalu jauh dengan kampung saya dan saya melihat jarang anak-anak dari kota yang bermain meriam bambu, mungkin anak-anak itu sekarang instan yaitu ada mercon atau kembang api, Dengan itu juga mungkin mereka tidak tertarik dengan yang namanya meriam bambu.

Cara buatnya terbilang mudah bambu yang terpotong-potong sekitar 2 meter di lubang kan dalamnya dan yang paling bawah dibiarkan saja karena yang terakhir tempat bertahan air dengan karbit, di lubangkan juga dibelankangnya sedikit ini tempat membakarnya nanti, dilubangkan tepat di atas tempat karbit dan air, pasti ini tidak sulit bagi anda. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Setelah semua selesai masukkan karbit dan airnya, tutup dengan kain depan dan belakang sekita 1 menit dan selanjutnya bakar deh doooorr.. Sebelum dibakar sebaiknya tutup kuping dulu karena suara yang dihasilkan akan membuat kita terkejut.

Permainan ini terbilang murah meriah lagi karena tidak seperti petasan dan kembang api yang harganya puluhan ribu rupiah, Mungkin dengan mercon akan membuat kantong anda kering untuk anak kesayangan anda, meriam bambu ini mungkin sangat menghibur bagi anda dan anak-anak anda dicaba deh...

Saya lagi belajar menulis maaf bila ada kekurangan dan kesilapan terima kasih karena sudah membacanya dan semoga ini juga dapat bermanfaat bagi anda.
Bermain Meriam Bambu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tamiko

No comments:

Post a Comment